Karya Tulis Ilmiah



PERBEDAAN PERILAKU (TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN TERAMPILAN) SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN GIZI SEIMBANG PADA IBU SISWA TAMAN KANAK-KANAK AL-HIDAYAH KECAMATAN GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG

Prodi : POLTEKKES KEMENKES MALANG DIII GIZI
Pengarang : DEWI ARIANTI
Dosen Pembimbing : Sugeng Iwan S. dan Tapriadi
Klasifikasi/Subjek : , perilaku
Penerbitan : , MALANG: 2014.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-33-A-
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAKSI Dewi Arianti, 2014 : “Perbedaan Perilaku (Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan) Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Gizi Seimbang pada Ibu Siswa Taman Kanak-kanak Al-Hidayah Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang”. Jurusan Gizi. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. (Di bawah bimbingan : Sugeng Iwan S. dan Tapriadi) Balita merupakan golongan yang rentan terhadap masalah kesehatan dan gizi. Masalah gizi pada balita disebabkan beberapa hal diantaranya kurangnya pengetahuan keluarga atau ibu mengenai kebutuhan balita dan makanan tambahan yang bergizi. Berdasarkan survey pendahuluaan pada januari 2014 yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Al-Hidayah Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang, hanya dua dari sembilan ibu siswa yang mempunyai pengetahuan baik mengenai gizi seimbang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perilaku (tingkat pengetahuan, sikap dan keterampilan) sebelum dan sesudah penyuluhan gizi seimbang pada ibu siswa Taman Kanak-kanak Al-Hidayah Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2014 dan dilanjutkan pada tanggal 10 Juni 2014 dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Jenis penelitian Pra-Eksperimen dengan menggunakan rancangan One Group Pretest and Posttest. Data yang dikumpulkan meliputi gambaran tempat penelitian, karakteristik responden dan perilaku (tingkat pengetahuan, sikap dan keterampilan). Analisis data menggunakan paired sample t-test dan disajikan dalam bentuk gambar, tabel dan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai perilaku yang dominan sebelum penyuluhan adalah kategori kurang (76.7%), sesudah penyuluhan nilai perilaku yang paling dominan adalah kategori cukup (60%). Nilai tingkat pengetahuan yang dominan sebelum penyuluhan adalah kategori kurang (93.3%), sesudah penyuluhan nilai tingkat pengetahuan yang paling dominan adalah kategori cukup (43.3%). Nilai sikap yang dominan sebelum penyuluhan adalah kategori cukup (63.3%), sesudah penyuluhan nilai perilaku yang paling dominan adalah kategori baik (96.6%). Nilai keterampilan yang dominan sebelum penyuluhan adalah kategori kurang (80%), sesudah penyuluhan nilai perilaku mempunyai nilai yang sama dalam setiap kategorinya yaitu baik, cukup dan kurang. Hasil analisa variabel diatas menggunakan paired sample t-test diketahui semua variabel yang terdiri dari perilaku, tingkat pengetahuan, sikap dan keterampilan masing-masing mempunyai (p=0.000), sehingga masing-masing variabel dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan sebelum dan sesudah penyuluhan gizi seimbang pada ibu siswa Taman Kanak-kanak Al-Hidayah Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. Saran dari penelitian ini adalah adanya penyuluhan secara rutin untuk menambah pengetahuan mengenai kesehatan dan dengan adanya fasilitas tempat cuci tangan akan mendukung warga sekolah untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Kata kunci : Penyuluhan, Perilaku, Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan



Lampiran